BERITA
Beranda / Berita / Faperta dan Ikatani Kerja Bareng Meriahkan Dies Natalis UNS
Faperta dan Ikatani Kerja Bareng Meriahkan Dies Natalis UNS
Jumat 16 Februari 2018

Fakultas Pertanian UNS dan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian UNS (Ikatani) akan menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-42 UNS pada Maret-April mendatang. Sekjen Ikatani, Ir Sri Kusrini Maruti menjelaskan ada tiga acara yang akan digelar yakni jalan sehat dan Ikatani walking competition, kemudian seminar nasional dan pengabdian masyarakat.

Maruti menuturkan kegiatan jalan sehat dan Ikatani Walking Competition akan diadakan pada Minggu 4 Maret 2018 di kampus Faperta UNS. Dalam kegiatan ini seluruh civitas akademika Faperta termasuk perwakilan alumni dari angkatan 1976 hingga alumni angkatan termuda diharapkan bisa hadir. Akan ada dua kegiatan yakni jalan sehat biasa kemudian walking competition.

 

 

“Ikatani Walking Competition yaitu jalan Sehat  beregu atau tim. Antar-Angkatan, Prodi, HMP, UKK  kelompok lain dalam Civitas Akademika FP UNS,” jelas Maruti. Setiap tim nantinya harus mempunyai yel-yel sebagai penyebar semangat dan kekompakan tim. Lomba ini akan memperebutkan Thropy Walikota Surakarta selain juara dua, tiga dan juara favorit pilihan penonton. Pemenang akan ditentukan oleh penilaian dewan juri.

Rute walking competition adalah jalan depan Pos Satpam Faperta, Puskom, Kantor Pos, Kedokteran, masuk Gedung E Faperta dan terakhir Taman atau Shelter Depan BEM Faperta  (finish). “Rute boleh dimodifikasi, diperpendek sesuai kesepakatan Tim. Tidak mempengaruhi penjurian.”

Kegiatan kedua adalah seminar nasional yang akan digelar pada 12 April 2018 dengan tema “Peran Keanekaragaman Hayati dalam Mendukung Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia”. Rencananya akan hadir sebagai pembicara Peneliti LIPI/BPPT, akademisi UNS dan praktisi pertanian dari Ikatani.

Kegiatan ketiga adalah pengabdian masyarakat di Kecamatan Jenawi dan Mojogedang Karanganyar pada 21 dan 28 April 2018. Kegiatan di Jenawi adalah tindak lanjut dari agenda sebelumnya yakni seputar budidaya pisang dan pengolahan pascapanen.

Sementara di Mojogedang akan dicanangkan Desa Wisata Beras Organik. “Petani yang sudah berbudidaya beras organik akan diinisiasi oleh Ikatani dalam pengolahan produk hulu-hilir. Diberi pelatihan budidaya organik, pelatihan tentang pemanfaatan limbah organik, pelatihan bahan pangan menjadi olahan organik, serta menghubungkan dengan pembeli (pasar). (***)

 

Pertemuan membahas rencana Dies Natalis ke-42 UNS. Faperta UNS dan Ikatani akan bekolaborasi menggelar kegiatan bersama. ♻🌐♻🌐♻🌐♻🌐♻ *IKATANI rayakan DIES UNS ke-42* Halo sedulur IKATANI dalam rangka memperingati Dies UNS ke-42, kita akan bersinergi dengan Fakultas Pertanian UNS dalam menggelar 3 acara : 1. *Jalan Sehat* Civitas Akademika FP UNS 4 Maret 2018. 2. *Seminar Nasional* 12 April 2018. 3. *Pengabdian masyarakat* di Kec. Jenawi dan Mojogedang Karanganyar. 21&28 April 2018. Kami ajak peran aktif sedulur semua untuk mensukseskan acara tersebut. *Kita wujudkan IKATANI lebih terpandang dan berdampak bagi masyarakat* *Mugiharjo-Ketum* *Ruthy-Sekjend* ♻🌐♻🌐♻🌐♻🌐♻ #ikauns #ikataniuns #fpunssolo #fpuns #diesnatalisuns

A post shared by Ikatani UNS (@ikataniuns) on