BERITA
Beranda / Berita / Jalan Sehat Dies Natalis Tahun Ini Lebih Semarak
Jalan Sehat Dies Natalis Tahun Ini Lebih Semarak
Selasa 6 Maret 2018

SOLO—Sedikitnya 650 orang menyemarakkan kegiatan jalan sehat dan ajang Ikatani Walking Competition yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-42 Universitas Sebelas Maret (UNS) di Fakultas Pertanian, Minggu (4/3/2018).

Mereka yang hadir terdiri atas staf pengajar, karyawan, mahasiswa dan ratusan alumnus. Termasuk yang hadir Dekan Faperta UNS Prof Bambang Pujiasmanto dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Alumni Prof Darsono. Kegiatan ini adalah kerja bersama Fakultas Pertanian dengan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (KAFP) Ikatani UNS.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ikatani UNS, Ir Sri Kusrini Maruti mengatakan acara jalan sehat yang diadakan Fakultas Pertanian UNS adalah kegiatan rutin tahunan. Untuk tahun ini kegiatan lebih semarak dengan lomba jalan antar angkatan yakni Ikatani Walking Competition. “Tahun ini menjadi lebih semarak karena dukungan penuh alumni, Ikatani,” kata Maruti, Senin (5/3/2018).

Puncak kegiatan jalan sehat Minggu adalah Ikatani Walking Competition yaitu sebuah kompetisi adu kekompakan dan kreasi tim wakil angkatan. Tak jarang mereka bergoyang seirama diiringi dengan alunan lagu yang rancak untuk menarik perhatian para juri.  “Dari seluruh angkatan alumni 1976 sampai dengan yang masih menjadi mahasiswa yakni angkatan 2017, ada wakil yang hadir. Namun hanya ada 15 tim yang bisa berkompetisi karena tergantung kesiapan dari masing-masing angkatan tersebut,” lanjutnya.

Keluar sebagai juara Ikatani Walking Competition adalah tim angkatan 1985.  Tim yang dikomandani Niken Haryanti itu tampil kompak , penuh goyang dan semangat. Juara kedua adalah tim angkatan 1991 yang dipimpin Yoik Pecas Ndahe. Sedangkan juara ketiga adalah tim Agribisnis Minat Agrofarmaka angkatan 2017. Para pemenang mendapatkan trofi dari Walikota Surakarta dan hadiah bingkisan. “Yang paling membanggakan Walikota Surakarta memberikan trofi untuk lomba ini,” kata Maruti.

Dalam acara sehat turut dibagikan pula puluhan doorprize untuk para peserta. Hadiah utama berupa televisi didapat oleh Muji Rahayu (dosen) dan Suharno (karyawan). Sedangkan sepeda gunung diraih oleh Lia Umi Hasanah (dosen). Acara juga dimeriahkan lomba-lomba tradisional dan juga cek kesehatan gratis oleh dr Afifan Ghalib Haryawan. Ikatani secara simbolis juga menyampaikan beasiswa alumni kepada mereka yang terpilih.

“Terima kasih kami sampaikan kepada sedulur Ikatani  semuanya terkusus kepada yang sudah berperan dalam acara bersama antara Ikatani dan FP UNS.  Terima kasih pula untuk bantuan dana maupun barang kelengkapan lainnya,” ujar Mugiharjo, Senin (5/3/2018).

Agenda Dies Natalis Ikatani selanjutnya adalah  mengisi diskusi rutin Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS, Sharing of Excellent pada 10 Maret di Gedung Rektorat. Diskusi bertemakan ketahanan pangan itu akan menghadirkan Ir Tardi (Direktur Ritel Bank Mandiri, alumni Faperta angkatan 1982), Ir Arif Budisusilo (Direktur Pemberitaan Media Bisnis Indonesia, alumni 1987), Dr Jumadi (Plt Walikota Kediri, alumni 1986) dan dosen Faperta UNS, Dr Joko Sutrisno.  (***)