BERITA
Beranda / Berita / Alumni THP 04 Bantu Air Bersih untuk Warga Gunung Kidul
Alumni THP 04 Bantu Air Bersih untuk Warga Gunung Kidul
Kamis 30 Agustus 2018

GUNUNG KIDUL—Ikatan Alumni Teknologi Hasil Pertanian (THP) Angkatan 2004 Faperta UNS menyalurkan bantuan air bersih kepada warga Dusun Trukan, Karangasem, Paliyan, Gunung Kidul, DIY, Ahad (26/08/2018).  Alumni THP 04 berharap ada perhatian serius dari pemerintah setempat atau pihak terkait terhadap masalah kekeringan di lokasi tersebut.

Perwakilan Alumni THP 04, Laela Nur Rokhmah STP, MSc, mengungkapkan kesulitan air bersih yang menimpa Gunung kidul sudah dialami sejak bulan puasa. Sejumlah 54 desa yang tersebar di 11 Kecamatan mengalami kesulitan air bersih. Kejadian tersebut hampir dialami setiap tahun dialami dikarenakan karakter tanah dengan karakteristik bebatuan kapur dengan porositas yang tinggi. Sehingga ketika terkena air hujan maka air hujan tidak dapat tertampung.

“Salah satu lokasi yang mengalami kekeringan yaitu di dusun Trukan, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan. Sebanyak 37 KK ada di dusun tersebut, yang mengalami kekeringan terparah  semenjak puasa. PDAM tidak dapat mengalir di dusun tersebut, begitu pula sumur,” katanya.

 

Sehingga, lanjut Laela,  warga selama ini mengandalkan air dari tangki dan aliran dari dusun tetangga. Alumni THP UNS 2004, melakukan bantuan  penyaluran air bersih lewat tangki-tangki kepada warga di Dusun Trukan tersebut. (***)