BERITA
Beranda / Berita / Mahasiswa Pertanian UNS Kembangkan Budidaya Buah Tin
Mahasiswa Pertanian UNS Kembangkan Budidaya Buah Tin
Rabu 17 Oktober 2018

PONGGOK-TIM PHBD (Program Hibah Bina Desa) HM PELITA Fakultas Pertanian UNS, dibawah bimbingan Dr. Suminah, M.Si., bekerjasama dengan masyarakat di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten kembangkan budidaya buah tin untuk mendukung wisata Umbul PonggokOrganisasi Mahasiswa PKP FP UNS HM PELITA  melalui kegiatan Program Hibah Bina Desa (PHBD) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset Tehnologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan BUMDes dan Pemerintah Desa Ponggok Mengembangkan Buah Tin untuk mendukung Wisata di Desa Ponggok, Klaten. Melihat potensi wisata Desa Ponggok yang sudah dikenal banyak kalangan masyarakat, tetapi belum adanya partisipasi dari kelompok tani dalam mengembangkan wisata Umbul Ponggok, Tim PHBD HM PELITA tergerak untuk melakukan pemberdayaan, dengan mengembangkan buah tin melalui pelatihan budidaya dan pengolahan. Dalam hal ini, Tim PHBD HM PELITA memberikan 200 bibit pohon buah tin dan juga 30 indukan pohon buah tin  untuk dicangkok dan dibudidayakan. Selain itu, Tim PHBD di bawah bimbingan Dr. Suminah, M.Si., juga melakukan pelatihan penggolahan dan pengemasan hasil olahan buah tin. Hal ini sejalan dengan program pemerintah Desa Ponggok yang ingin mengembangkan Agrowisata.

Selain itu TIM PHBD HM PELITA PKP FP UNS di bawah bimbingan Ibu Dr. Suminah , M.Si., juga melakukan terobosan untuk menggandeng kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat Desa Ponggok untuk mau menanam minimal dua pohon buah tin di pekarangan rumah masing-masing.  TIM PHBD HM PELITA PKP FP UNS juga bekerjasama dengan BUMDes dalam pemasaran bibit, tanaman induk, dan hasil olahan buah tin melalui website desa dan media sosial

 Dalam hal ini pihak desa menyediakan lahan sawah kering seluas kurang lebih 300 meter persegi yang dikhususkan untuk demplot buah tin. Tim PHBD dan masyarakat bergotong royong mempersiapkan media tanam dan menanam pohon tin tersebut, serta pelatihan membuat bibit.

Kepala Desa Ponggok, Bapak Junaedhi Mulyono menjelaskan bahwa pemerintah desa sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PKP FP UNS. “Kami akan terus berupaya dalam pengembangan Desa Ponggok menuju Desa Mandiri dengan memanfaatkan segala potensi yang ada dan peningkatan sumberdaya manusia di Desa Ponggok. Harapannya dengan adanya program dari mahasiswa PKP FP UNS, masyarakat Desa Ponggok dapat semakin mandiri dan mampu meningkatkan kesejateraannya. Lebih lanjut beliau berharap untuk bisa terus menjalin kerjasama dengan pihak UNS untuk melakukan program pemberdayaan di Desa Ponggok.