BERITA
Beranda / Berita / Rekor Muri untuk Wayang 11 Dalang dan 111 Pesinden
Rekor Muri untuk Wayang 11 Dalang dan 111 Pesinden
Selasa 21 Maret 2017

 

SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) mendapatkan Rekor Muri menyusul pergelaran wayang kulit kolosal yang melibatkan 11 dalang dan 111 pesinden dengan kelir sepanjang 62,5 meter.

Sertifikat Rekor Muri diterima Rektor UNS Prof Ravik Karsidi sebelum digelarnya pergelaran wayang kulit yang mengambil lakon “ Mbangun Sapta Arga” itu. Ratusan orang menghadiri gelaran budaya yang diadakan di di halaman Gedung dr Prakosa UNS, Sabtu (18/3/2017) malam. Pergelaran wayang kulit itu sendiri terwujud atas kerja sama dengan Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMPI).

Sebelas dalang yang tampil semalam adalah Ki KPAA H Begug Poernomo, Ki Widodo Wilis, Ki Eko Sunarsono, Ki Jlitheng Lukito, Ki Pujono Gumelar, Ki Jedor Sularno, Nyi Wulan Panjang Mas, Ki Sigit Wursito, Ki Wahyu Thoyyib Pambayun, Ki Maryono Brahim dan Ki Narto Guno Wiyono.

Kisah “Mbangun Sapta Arga” di antaranya menggambarkan perjuangan Semar, Abiyasa, dan para Pandawa yang bersatu untuk bangkit mengambil kembali pusaka Jamus Kalimasada yang dicuri Ratu Jin bernama Bomanarakasura. Hilangnya pusaka itu membuat Raja tidak memiliki pusaka andalan untuk memimpin negeri. Pusaka Kalimasada adalah pedoman berbangsa dan bernegara.

Salah satu penonton pergelaran wayang tersebut, Dr Joko Sutrisno menyatakan senang dengan pertunjukkan wayang kulit tersebut. “Alhamdulillah dalam rangka dies natalis UNS masih menyelenggarakan wayang kulit. Hal ini sesuai dengan visi UNS, selain unggul di bidang Iptek tapi juga berlandaskan budaya lokal yang ada,” ujar dosen Fakultas Pertanian itu.

Joko menuturkan pertunjukkan itu semakin istimewa karena pentas wayangnya juga memecahkan Rekor Muri yakni kelir terpanjang. “Pagelaran wayang tahun ini juga dilengkapi dengan 11 dalang dan 111 pesinden, benar-benar fantastis,” ujarnya.

Penonton lain, Kristadi mengatakan bahwa bahwa budaya daerah harus tetap diuri-uri atau dilestarikan. “Pagelaran wayang ringgit purwo ini spektakular dengan panjang panjang kelir 63,5 meter memecahkan Rekor Muri dan dunia,” ujarnya.

Foto: Humas UNS

(Heru Ismantoro)