Cara Cairkan BPUM di Eform Bri.Co.Id BRI, BNI, BLT UMKM

ikatani.idCara cairkan BPUM mudah dilakukan oleh anggota atau penggunanya melalui bank atau alamat web yang akan dibahas di bawah ini.

Pemerintah menyediakan berbagai program bantuan sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia selama pandemi.

Salah satu program yang disediakan pemerintah yaitu program BPUM.

BPUM merupakan sebuah sebutan BLT UMKM, dengan bantuan sosial berupa uang tunai yang diberikan untuk banyak warga Indonesia.

Setiap warga Indonesia bisa memeriksa dan mengecek apakah menjadi salah satu penerima bantuan atau bukan, Cara Cairkan BPUM di Eform Bri.Co.Id BRI, BNI, BLT UMKM seperti berikut.

Cara Cairkan BPUM di Eform Bri.Co.Id BRI, BNI, BLT UMKM

Simak dahulu penjelasan di bawah ini:

Tentang BPUM atau BLT UMKM

BPUM yaitu singkatan dari Bantuan Produktif Usaha Mikro dan BLT UMKM sebuah singkatan dari Bantuan Langsung Tunai untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Bantuan ini bertujuan membantu banyak masyarakat Indonesia, terutama sejak pandemi yang melanda selama ini.

Program bantuan ini menjadi sebuah bentuk komitmen pemerintah yang membantu mendorong ekonomi Indonesia tetap berjalan selama masa pandemi ini.

Syarat Memperoleh Bantuan UMKM

Setiap warga Indonesia adalah pelaku UMKM dan untuk mendapatkannya kamu bisa mempelajari berbagai syarat yang ditetapkan untuk menerima bantuan sosial dari program ini.

Jika belum mendapat bantuan padahal memiliki usaha, berikut beberapa persyaratan yang perlu diketahui.

Simak syarat berikut yaitu:

  • Mempersiapkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan atau nomor KTP.
  • Alamat domisili atau alamat terbaru yang ditempati saat ini.
  • Bidang usaha tertentu yang akan diusulkan untuk menerima bantuan tunai untuk usaha.
  • Nomor telepon aktif yang masih bisa dihubungi.
  • SKU atau Surat Keterangan Usaha jika lokasi usaha tidak sama dengan tempat tinggal pemilik usaha.

Semua berkas diatas wajib dipersiapkan sebelum pelaku UMKM mendaftar.

Syarat berkas diatas wajib dipenuhi terlebih dahulu sebelum pelaku usaha mempelajari cara mengecek dan cara cairkan BPUM di Eform bri.co.id BRI, BNI, BLT UMKM.

Rekomendasi untuk kamu:

  1. Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark via App/Web
  2. Snack Video Apk Download + Cara Dapat Uangnya Terbaru 2022

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM atau BPUM

Kamu bisa ikuti beberapa langkah mudah yang ada di bawah ini yaitu:

  1. Buka aplikasi web browser apa saja yang terpasang di perangkat seluler atau komputer kamu.
  2. Kemudian ketik alamat situs web untuk mengecek penerima bantuan tunai, yaitu eform.bri.co.id/bpum.
  3. Setelah halaman utama BPUM muncul di layar monitor, masukkan nomor 16 digit nomor KTP di kolom Nomor KTP.
  4. Pastikan nomor yang dimasukkan sudah sesuai dengan yang ada di KTP.
  5. Selanjutnya ketik Kode Verifikasi yang muncul di bawah kolom nomor KTP di kolom kosong di bawahnya. Jika kode tersebut tidak terlihat jelas, lalu klik pada tombol muat ulang lalu ketik kode yang terlihat lebih jelas pada kolom yang tersedia.
  6. Kemudian klik pada tombol Proses Inquiry untuk memproses permintaan pengecekan. Hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk menampilkan data. Jika tidak terdaftar maka akan muncul keterangan Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.
  7. Tapi jika keterangan yang muncul di layar yaitu informasi bahwa kamu terdaftar sebagai salah satu penerima program bantuan, maka kamu bisa melanjutkan ke proses pencairan.

Cara Cairkan BPUM di Eform BRI.co.id BRI, BNI, BLT UMKM

Cara Cairkan BPUM di Eform Bri.Co.Id BRI, BNI, BLT UMKM bisa simak seperti langkah berikut:

Melalui Bank Negara Indonesia atau BNI

Cara yang pertama bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM yang sudah memiliki rekening BNI atau Bank Negara Indonesia.

Simak langkah berikut:

  1. Penerima bantuan BPUM akan menerima pemberitahuan dari pihak terkait. Pemberitahuan bisa diberikan melalui chat WhatsApp, panggilan telepon, dan melalui SMS yang menginformasikan bahwa proses pencairan dana perlu segera dilakukan.
  2. Setelah mendapatkan pemberitahuan dari pihak terkait, penerima bantuan BPUM bisa datang ke kantor cabang BNI dengan membawa berbagai dokumen penting seperti KTP, SKU atau NIB, dan Kartu Keluarga.
  3. Setelah tiba di kantor cabang BNI, penerima dana bantuan BPUM diwajibkan untuk menandatangani suatu surat pertanggungjawaban sebagai penerima dana bantuan UMKM. Syarat ini menjadi syarat wajib yang tidak boleh dilewati.
  4. Kemudian pihak penyalur, yaitu BNI, akan menyerahkan dana bantuan BPUM ke nomor rekening penerima yang sudah terdaftar di BNI. Dana bantuan bisa segera digunakan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan.
  5. Pastikan kamu sudah mempunyai rekening BNI sebelum datang ke penyalur bantuan dana UMKM yaitu BNI. Membawa buku tabungan ke kantor BNI sehingga pihak penyalur bisa segera menyerahkan dana yang memang berhak untuk kamu gunakan.

Melalui Bank Rakyat Indonesia atau BRI

Pemilik UMKM yang memiliki rekening BRI bisa memilih Bank Rakyat Indonesia sebagai penyalur dana bantuan UMKM dari pemerintah.

Berikut ini langkah yang wajib diikuti.

  • Pemilik UMKM harus memeriksa situs web eform.bri.co.id terlebih dahulu untuk memastikan bahwa dirinya termasuk dalam daftar penerima bantuan. Jika pelaku UMKM dinyatakan sebagai penerima bantuan, maka penerima akan diarahkan ke halaman reservasi.
  • Di halaman reservasi, penerima harus melengkapi semua kolom yang wajib diisi, seperti nomor KTP, Provinsi, Kabupaten atau Kota, Unit Kerja, dan Jadwal Antrian yang diinginkan.
  • Setelah mengisi semua data tersebut, nomor referensi akan muncul di layar.
  • Simpan atau catat nomor referensi yang ada karena nomor referensi itu merupakan syarat penting yang dibutuhkan untuk mencairkan dana bantuan dari pemerintah di kantor penyalur, yaitu kantor cabang BRI.
  • Pada jadwal yang sudah dipilih, penerima harus datang ke kantor cabang BRI untuk melakukan pencairan. Jika tanggal yang ditentukan terlewat, maka penerima perlu mengulangi proses reservasi dari awal untuk mencairkan dana bantuan UMKM.
  • Penerima harus menunjukkan beberapa berkas yang menjadi syarat untuk melakukan pencairan dana bantuan, yaitu identitas diri, kartu ATM dan buku tabungan BRI, surat pernyataan tanggung jawab mutlak, dan SKU jika dibutuhkan.
  • Proses pencairan dana akan segera dilakukan setelah petugas melakukan verifikasi data. Dana bantuan UMKM akan dikirimkan ke nomor rekening BRI penerima dana bantuan UMKM. Dana bisa segera digunakan sebagai tambahan modal untuk menjalankan usaha.

Nah, demikian penjelasan mengenai Cara Cairkan BPUM di Eform Bri.Co.Id BRI, BNI, BLT UMKM, semoga bermanfaat.

Leave a Comment