KLINIK PERTANIAN
Beranda / Klinik Pertanian
Cara Sederhana Membuat MOL agar Tanaman Tumbuh Subur
Rabu 5 April 2017
IKATANI

 

Ada banyak acara agar tanaman yang kita budidayakan tumbuh subur. Salah satunya dengan mengaplikasikan penambahan mikro organisme lokal (MOL).

Ir Boy Olifu Gea, pemilik Citra Nursery yang beralamat di Jl Cuwiri 11 Makamhaji Kartasura, memberikan “resep” membuat MOL sederhana. Berikut bahan dan cara Pembuatannya:

BAHAN:

Susu murni 3 liter

Terasi

Tempe busuk

Gula merah 2 kilogram

Tetes 0.5 liter

Air kelapa 20 liter

Telur 1 kilogram

Probitik starbio+  0.5kg

EM4

Petrobio

Tepung ikan

 

(Yang terpenting dalam membuat MOL, harus ada 3 unsur bahan yakni  glukosa, karbohidrat dan sumber mikroba. Tiga unsur utama MOL tadi bisa dikreasikan sesuai kondisi/ketersediaan bahan di sekeliling kita.

Sampah organik rumah tangga juga bisa dipakai.)

 

PEMBUATAN:

Pembuatannya dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut kemudian ditempatkan dalam wadah yang tertutup agar terjadi proses fermentasi.

Sekitar 2-4 minggu proses fermentasi akan selesai. Ciri fisiknya ditandai dengan warna air yang berubah kecoklatan.  Cirinya fermentasi sukses lainnya adalah wadah (plastik) menggembung dan baunya menyengat seperti tape.

Karena menggembung, ada baiknya tutup wadah (botol) dilepas setiap pagi agar botol tidak pecah (meledak). (Proses fermentasinya nya jadinya anaerob dan aerob). Cara lain adalah dengan memasang selang pada tutup botol yang kemudian ujung selang dimasukkan ke dalam wadah berair.

Fermentasi bisa dianggap selesai jika gas yang keluar akibat proses tersebut terus menurun.

 

PEMAKAIAN

Kira-kira satu tutup botol aqua cairan MOL dicampurkan ke dalam 1,5 liter air.

Setelah tercampur, disiramkan setiap minggu (encer) ke tanaman. Baik pula diberikan saat pemupukan triwulanan dengan catatan konsentrasi campuran MOL dan air ditambah.

 

FUNGSI

Fungsi utama MOL sebagai sumber probiotik meski juga mengandung enzim/zpt dan nitrisi. Jadi agar tanaman bisa subur optimal pemakaian pupuk sebagai sumber nutrisi utama tetap diperlukan. Fungsi mikroba salah satunya meningkatkan ketersediaan nutrisi tadi bagi tanaman.

Tulis Komentar
FORM KONSULTASI
Nama Alamat Email Judul Pertanyaan Anda Isi Pertanyaan Anda